RPP SMK Kurikulum
2013 Revisi 2017-Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun harus
memuat komponen-komponen sebagai berikut:
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu
ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan
mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang
harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran
yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang
dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi
dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep,
prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai
dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.
metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan
dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu
proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media
cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah
pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian
hasil pembelajaran.
Secara singkat format RPP dapat dilihat pada skema berikut ini:
FORMAT RPP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
A. Identitas Program Pendidikan, meliputi:
Nama Sekolah : …...........................................................................
Mata Pelajaran : …...........................................................................
Komp. Keahlian :
..............................................................................
Kelas/Semester : ……........................................................................
Tahun Pelajaran:
..............................................................................
Alokasi Waktu : …...........................................................................
B.
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti *)
1.
Pengetahuan
2.
Keterampilan
Kompetensi Dasar *)
1.
KD
pada KI pengetahuan
2.
KD
pada KI keterampilan
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Indikator
KD pada KI pengetahuan
2.
Indikator
KD pada KI keterampilan
D. Tujuan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
(Rincian
dari Materi Pokok Pembelajaran)
F.
Pendekatan,
Strategi dan Metode
G. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan
Kesatu:**)
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (… menit)
b.
Kegiatan
Inti (... menit)
c.
Penutup
(… menit)
2.
Pertemuan
Kedua:**)
a.
Pendahuluan/Kegiatan
Awal (… menit)
b.
Kegiatan
Inti (... menit)
c.
Penutup
(… menit),
dan
pertemuan seterusnya.
H. Alat/Bahan dan Media Pembelajaran
I.
Sumber
Belajar
J.
Penilaian
Pembelajaran
1.
Teknik
Penilaian
2.
Instrumen
Penilaian
|
|
Mengetahui
Kepala ……..........................
NIP
|
______________,
_________
Guru Mata
Pelajaran,
NIP
|
*) KI dan KD Sikap Spritual dan Sikap Sosial
ditambahkan untuk mata pelajaran Pendididkan Agama dan PPKn.
**) Semua
sintaksis/langkah model pembelajaran dapat lengkap pada setiap pertemuan, atau dapat lengkap pada beberapa pertemuan.
1. Langkah-langkah
Penyusunan RPP
RPP disusun melalui
langkah-langkah berikut.
a. Analisis
Program Semester
Analisis program semester merupakan langkah awal
sebelum menyusun RPP. Analisis ini dikembamgkan berdasarkan alur pencapaian
kompetensi, dimaksudkan
untuk menentukan urutan pembelajaran kompetensi dasar (KD) per semester yang
dikembangkan berdasarkan silabus. Analisis program semester juga dilakukan
untuk menentukan alokasi waktu yang digunakan untuk setiap pasangan kompetensi
dasar (KD). Tabel 1 berikut merupakan contoh analisis program semester pada mata
pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital.
Tabel 1. Hasil Analisis Program Semester/Pasangan KD
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Semester/ Jam Pelajaran
|
KD 3.2
menerapkan pengetahuan
pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak pengolah
informasi.
KD 4.2
menyajikan hasil
pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat
lunak pengolah informasi.
|
1. Pengelolaan
informasi digital melalui komunikasi daring asinkron
2.
Pengelolaan informasi digital melalui komunikasi
daring sinkron
|
6
|
|
KD 3.1
KD 4.1
|
|||
KD 3.3
KD 4.3
|
|||
Jumlah
JP/KD per semester
|
48
|
Berdasarkan
Tabel diatas,
guru membuat
Analisis Program Semester mengacu pada
dokumen silabus.
b.
Mengembangkan
RPP dengan menggunakan
format RPP yang pengisiannya mengikuti rambu-rambu yang tercantum pada Tabel 2.
Tabel
2. Rambu-rambu Pengembangan RPP
No.
|
Komponen
|
Keterangan
|
||||||||||||||||
1.
|
a. Identitas Sekolah
b. Kompetensi
Keahlian
c. Mata Pelajaran
d. Kelas/Semester
e. Tahun
Pelajaran
|
a.
Diisi nama satuan
pendidikan.
b.
Diisi dengan Kompetensi Keahlian
tempat mata pelajaran tersebut
diajarkan
c.
Diisi nama Mata
Pelajaran, seperti tertera pada Struktur Kurikulum.
d.
Diisi kelas dan
semester; ganjil/genap.
e.
Diisi dengan tahun pelajaran yang sedang
berlangsung
|
||||||||||||||||
2.
|
Alokasi waktu
|
Diisi jumlah jam pelajaran hasil analisis program
semester.
|
||||||||||||||||
3.
|
Kompetensi Inti
|
Disalin dari Kompetensi Inti yang tertuang pada Lampiran
Permendikbud Nomor ……. tentang Kurikulum SMK 2013 untuk KI pengetahuan dan KI
keterampilan.
|
||||||||||||||||
4.
|
Kompetensi Dasar
|
a. KD disalin dari Lampiran Permendikbud Nomor …….
tentang Kurikulum SMK dan SK Dirjen Nomor ……….tentang Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar Program Keahlian (C2) dan Kompetensi Keahlian (C3) SMK/MAK.
b. Rumusan KD dituliskan untuk KD dari pengetahuan dan
KD dari keterampilan.
|
||||||||||||||||
5.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Dirumuskan sesuai kaidah pengembangan IPK KD
Contoh IPK KD Pengetahuan
3.2 Menerapkan
pengetahuan pengelolaan informasi digital melalui pemanfaatan perangkat lunak
pengolah informasi
Berdasarkan dimensi pengetahuan dan proses kognitif, maka IPK dari KD
pengetahuan di atas sebagai berikut:
3.2.1
Menjelaskan simbul
yang digunakan pada komunikasi daring online;
3.2.2
Menjelaskan pengertian
komunikasi daring online;
3.3.3
Mendeskripsikan jenis-jenis
komunikasi daring online;
3.3.4
Menentukan teknik
komunikasi daring online yang akan digunakan sesuai jenis alat yang
disediakan
Contoh
IPK KD Keterampilan
4.2 Menyajikan hasil pengelolaan informasi digital melalui komunikasi daring online..
Berdasarkan KD 4.2 tersebut, kata “menyajikan” adalah dimensi
keterampilan konkret pada gradasi minimal P1 = level keterampilan konkret imitasi.
Berdasarkan analisis tersebut, maka IPK nya adalah:
4.2.1
Melakukan komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan contoh.
4.2.2
Mendemonstrasikan komunikasi daring asinkron
dan sinkron berdasarkan tugas
|
||||||||||||||||
6.
|
Tujuan Pembelajaran
|
Tujuan Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan tujuan pembelajaran.
Berdasarkan IPK di atas, maka rumusan tujuan
pembelajarannya yaitu:
1. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menjelaskan pengertian komunikasi daring online sesuai
dengan buku teks secara santun.
2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menjelaskan 4 simbul yang digunakan pada pengelolaan informasi
digital daring online sesuai dengan buku teks secara santun.
3. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menjelaskan 2 jenis pengelolaan informasi digital melalui
komunikasi daring online dengan santun.
4. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menentukan kebutuhan pokok fasilitas yang diperlukan untuk
pengelolaan informasi digital daring online secara mandiri.
5. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat menjelaskan cara melakukan komunikasi daring online dengan
percaya diri.
6. Disediakan peralatan komunikasi dan jaringan
internet, peserta didik dapat melakukan komunikasi daring asinkron dan
sinkron berdasarkan contoh dengan percaya diri.
7.
Disediakan
peralatan komunikasi dan jaringan internet, peserta didik dapat mendemonstrasikan
komunikasi daring asinkron dan sinkron berdasarkan tugas sesuai prosedur dengan percaya diri.
|
||||||||||||||||
7.
|
Materi Pembelajaran
|
Materi Pembelajaran dikembangkan sesuai rumusan
materi pembelajaran
Berdasarkancontoh tujuan pembelajaran diatas maka
materi pembelajarannya adalah:
1. Pengertian komunikasi daring online
2. Simbol pada digital daring online
3. Jenis komunikasi daring online
4. Kebutuhan pokok fasilitas komunikasi daring online
5. Cara melakukan komunikasi daring online
Materi yang dikembangkan termasuk materi pengayaan
(dapat dikembangkan berdasarkan buku siswa, referensi lain), materi yang
terintegrasi dengan muatan lokal, dan materi yang diintegrasikan pada
kegiatan ekstrakurikuler.
|
||||||||||||||||
8.
|
Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
|
Diisi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan
KD dan IPK (lihat konsep Pemahaman Proses Pembelajaran: Tabel Perancah
Pemaduan Sintaksis Model Pembelajaran dan pendekatan (proses berfikir dan bertindak
sainitifik ).
|
||||||||||||||||
9.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
a.
Diisi mengacu sintaks
model pembelajaran yang ditetapkan.
b.
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran diorganisasikan menjadi kegiatan yang terdiri atas:
1) Kegiatan Pendahuluan
Pada kegiatan pendahuluan guru:
· Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
· Mendiskusikan kompetensi yang telah dipelajari dan
dikembangkan sebelumnya terkait dengan kompetensi yang akan dipelajari.
· Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya bagi kehidupan.
· Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan.
· Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
2) Kegiatan Inti
· Diisi dengan kegiatan siswa dan guru, dapat
mengikuti urutan sintaks model belajar yang dipadukan dengan pendekatan (proses berfikir dan bertindak)
sainitifik (hasil analisis pemaduan
model tugas sesi 3).
· Kegiatan 5M tersebut tidak harus terjadi sekaligus
pada satu kali pertemuan, tetapi disesuaikan dengan karakteristik materi yang
sedang dibahas.
Catatan: sintaksis
(langkah-langkah) model pembelajaran dan langkah pendekatan (proses berfikir
dan bertindak) sainitifik (5M) dapat menggunakan
hasil penataan dari format perancah.
3) Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup meliputi antara lain:
· membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
· refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
· merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
· menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
||||||||||||||||
10.
|
Alat/Bahan dan Media Pembelajaran
|
Diisi dengan:
a. Sarana, alat bantu dan bahan yang digunakan pada
proses pembelajaran di setiap RPP.
Contoh:
|
||||||||||||||||
11
|
Sumber Belajar
|
a. Sumber belajar dapat berupa buku, media cetak dan
elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan untuk setiap
pertemuan sesuai dengan tuntutan KD.
b. Sumber belajar ditulis sesuai ketentuan penulisan
literatur/referensi.
|
||||||||||||||||
12
|
a.
Penilaian (KD 3 dan
KD 4)
|
b. Diisi dengan hasil analisis teknik dan instrumen
penilaian (hasil pembelajaran sesi sebelumnya).
Contoh:
c. Diisi dengan program remedial dan pengayaan.
|
||||||||||||||||
b.
Peniaian
Sikap
|
Dibuatkan jurnal harian tantang kejadian istimewa yang
dilalukan oleh siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Contoh: Jurnal Penilaian Sikap:
Hari/Tanggal:
|
B. Tugas/Latihan
1. Lakukanlah
analisis program semester berdasarkan alur pencapaian kompetensi untuk satu
semester.
2. Susunlah
RPP berdasarkan hasil “Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan” serta “Pemaduan
Sintaks Model Pembelajaran dan pendekatan sainitifik” sesuai dengan format RPP
yang tertuang pada Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum SMK tentang RPP.
Mampu memvalidasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
sesuai
dengan
Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar
Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
2. Tujuan:
Melalui
kegiatan telaah RPP, peserta mampu menganalisis RPP
yang menerapkan pendekatan sainitifik dan sesuai dengan
prinsip-prinsip
pengembangan RPP.
a.
Pelajari format telaah
RPP. Cermati maksud dari setiap aspek dalam format.
b. Cermati RPP hasil kelompok lain yang akan ditelaah.
c. Isilah format sesuai dengan petunjuk pada format
telaah RPP.
d. Berikan catatan khusus atau alasan Anda memberi skor
pada suatu aspek pada RPP.
e.
Berikan masukan atau rekomendasi secara umum sebagai saran perbaikan RPP pada kolom yang tersedia.
Berilah tanda
cek (V) pada kolom skor 1,
2, 3 sesuai dengan kriteria yang tertera
pada kolom tersebut.
Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai
penilaian Anda
Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama Guru :.............................................
Mata pelajaran :.............................................
Topik/Subtopik :.............................................
No
|
Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
Hasil Penelaahan dan
Skor
|
Catatan revisi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
A
|
Identitas Mata
Pelajaran
|
Tdk. ada/Tdk. Sesuai
|
Kurang Lengkap/Kurang Sesuai
|
Sudah Lengkap/Sudah
Sesuai
|
|
1.
|
Terdapat:
satuan pendidikan, kelas, semester, tahun pelajaran, mata pelajaran, kompetensi
keahlian, jumlah pertemuan
|
||||
B
|
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
|
||||
1
|
Kompetensi
Inti
|
||||
2
|
Kompetensi Dasar
|
||||
C.
|
Perumusan Indikator
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dan
ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek pengetahuan dengan
Kompetensi Dasar
|
||||
2.
|
Kecukupan jumlah indikator aspek pengetahuan
|
||||
3.
|
Kesesuaian dan
ketepatan penggunaan kata kerja operasional aspek keterampilan dengan
Kompetensi Dasar.
|
||||
4
|
Kecukupan jumlah indikator aspek keterampilan
|
||||
D.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1
|
Menggambarkan
lingkup materi dalam KD
pengetahuan dan KD keterampilan
|
||||
2
|
Rumusan
tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan atau diukur, mencakup ranah
sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan
|
||||
3
|
Rumusan
tujuan pembelajaran mengandung komponen Audience, Behaviour,
Condition, dan
Degree
|
||||
E.
|
Pemilihan Materi Ajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan kedalaman KD
|
||||
2.
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
||||
3
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
||||
4
|
Keruntutan uraian materi ajar
|
||||
F.
|
Pemilihan
Sumber Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan Tujuan pembelajaran
|
||||
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
||||
3
|
Kesesuaian dengan pendekatan sainitifik
|
||||
4.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
||||
G.
|
Pemilihan Media Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
||||
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
||||
3
|
Kesesuaian dengan pendekatan sainitifik
|
||||
4.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
||||
H.
|
Model Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian
model yang dipilih dengan arah pernyataan KD3 dan KD4 (pencarian/penemuan
atau jasa/produk)
|
||||
2.
|
Kesesuaian
model yang dipilih dengan tingkatan dimensi pengetahuan KD3
|
||||
3.
|
Kesesuaian
model yang dipilih dengan tingkatan taksonomi KD4
|
||||
I
|
Metode Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
||||
2
|
Kesesuaian dengan karakteristik materi
|
||||
3
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
||||
J.
|
Skenario Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1.
|
Kegiatan
pendahuluan berisi: apersepsi (menghubungkan
dengan materi terdahulu atau kejadian sehari-hari), ruang
lingkup, tujuan pembelajaran, teknik penilaian
|
||||
2.
|
Kegiatan
inti berisi:
|
||||
a. Memfasilitasi
kegiatan siswa untuk mengamati, mendengar, menonton dan/atau melihat
|
|||||
b. Mendorong
siswa untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana berbentuk perumusan masalah
|
|||||
c. Membimbing
siswa untuk mengumpulkan informasi/ eksplorasi dalam rangka menjawab
pertanyaan
|
|||||
d. Membimbing
siswa untuk menyimpulkan/mensintesia data atau informasi yang terkumpul
|
|||||
e. Memotivasi
siswa untuk mengomunikasikan
|
|||||
3.
|
Kegiatan
penutup berisi rangkuman, refleksi, dan tindak lanjut
|
||||
a. Memfasilitasi
dan membimbing siswa merangkum materi pelajaran
|
|||||
b. Memfasilitasi
dan membimbing siswa merefleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan
|
|||||
c. Memberikan
umpan balik terhadap hasil pembelajaran
|
|||||
K.
|
Rancangan
Penilaian
Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagian
|
Sesuai Seluruhnya
|
|
1
|
Kesesuaian bentuk, teknik dan instrumen
dengan indikator
pencapaian kompetensi
|
||||
2.
|
Kesesuaian antara bentuk,teknik
dan instrumen Penilaian Sikap
|
||||
3.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Pengetahuan
|
||||
4.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen Penilaian Keterampilan
|
||||
Jumlah Skor
|
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Rubrik
Penilaian
RPP
ini
digunakan
peserta
pada
saat
penelaahan
RPP
peserta
lain
dan
digunakan
fasilitator untuk menilai RPP yang disusun oleh masing-masing peserta. Selanjutnya nilai RPP dimasukan kedalam
nilai
portofolio peserta.
a. Cermati
format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai;
b. Berikan nilai pada setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom
pilihan (skor = 1) , (skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai;
c. Berikan
catatan khusus atau saran perbaikan perencanaan pembelajaran;
d. Setelah
selesai penilaian, hitung jumlah skor yang diperoleh, dan
e. Tentukan nilai menggunakan rumus di bawah.
Peringkat
|
Nilai
|
Amat Baik (AB)
|
90<AB≤100
|
Baik (B)
|
80<B≤90
|
Cukup (C)
|
70<C≤80
|
Kurang (K)
|
≤70
|
Berikut ini link download RRP SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 dari
beberapa Mata Pelajaran:
1.
RPP Pendidikan Agama Kurikulum 2013 Revisi 2017
2.
RPP PPKn Kurikulum 2013 Revisi 2017
4.
RPP Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017
5.
RPP Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017
6.
RPP Sejarah Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2017
7.
RPP Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya Kurikulum
2013 Revisi 2017
cara donlod file disini gimana pak?
BalasHapussaya stack di web www.savefilee.com,
gimana cara lewatin ya?
mohon bantuan ya pak, terima kasih sebelumnya,
terima kasih, sangat bermanfaat...
BalasHapusMohon bantuanya,
BalasHapusSaya ada tugas kuliah .
rpp tentang rem smk