Rabu, 22 Juli 2020

MATERI BAHASA INDONESIA KELAS XI

BAB I
TEKS PROSEDUR
 
 
Pengertian
Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan. Teks prosedur biasanya terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial melakukan langkah tertentu. Didalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.
 
Ciri-ciri Teks Prosedur

a.      Menggunakan pola kalimat perintah (imperatif).
b.     Menggunakan kata kerja aktif.
c.      Menggunakan kata penghubung (konjungsi) untuk mengurutkan kegiatan.
d.    
Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat.

 
Macam-macam Teks Prosedur

a.      Teks prosedur yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau instruksi secara manual.

b.     Teks prosedur yang menginformasikan aktivitas tertentu dengan peraturannya.

c.      Teks prosedur yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia. 

Struktur Teks Prosedur

Struktur pembentuk teks prosedur antara lain sebaga berikut.

a.       Tujuan merupakan hasil akhir yang akan dicapai.

b.      Langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai.

c.       Penegasan ulang adalah bagian yang berisi tentang pengulangan.

 

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

Unsur kebahasaan dalam teks prosedur memiliki ciri sebagai berikut.

1.       Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata kerja imperatif antara lain harus, pastikan jangan, hindari, ceritakan(lah), jadilah, tunjukan(lah), dan gunakan(lah).

2.       Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya. Apabila teks tersebut berkenaan dengan masalah komunikasi, akan digunakan istilah-istilah komunikasi pula, misalnya tanya jawab, kontak mata, pewawancara, verbal, nonverbal, bahasa tubuh, dan negosiasi.

3.       Banyak menggunakan kata penghubung (konjungsi) partikel yang bermakna penambahan, seperti selain itu, pun, kemudian, selanjutnya, oleh karena itu, lalu, setelah itu, dan di samping itu.

4.       Banyak menggunakan kata-kata persuasif. Berikut adalah contoh kalimatnya.

  • Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi keharusan.
  • Singkatnya, akan lebih baik bila kita mampu menampilkan sikap yang antusias, verbal, maupun nonverbal.
  • Ini wajar karena bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu pada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
  • Pewawancara sangat menghargai kandidat yang mampu menentukan nominal gaji yang ia harapkan karena dianggap bisa melakukan penilaian atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan.

5.       Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran rinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.


Bagan 1.2 Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur

Kiat Menata Rambut Pendek


Gaya rambut bob pendek kini mulai disukai lagi. Meski terlihat sederhana, untuk gaya rambut seperti itu juga diperlukan perawatan yang benar. Ada beberapa langkah dan cara yang harus kamu lakukan untuk merawat rambut pendek dengan baik, yaitu sebagai berikut.

1.            Keringkan dengan Handuk

Banyak orang yang mengeringkan rambut pendeknya dengan cara mengacak-acaknya dengan handuk agar air cepat meresap. Padahal cara ini bisa membuat rambut mudah patah. Keringkan rambut sambil dipijat perlahan.

2.            Gunakan Produk Styling

Gunakan produk styling dan perawatan rambut seperti serum untuk menyehatkan akar rambut. Produk perawatan rambut yang alami akan membuat rambut kamu terlihat bersinar dan indah. Rambut juga tampak halus dan memberikan extra glow. Pastikan menggunakannya di batang rambut.

3.            Blow dry dari Akar Rambut Terlebih Dahulu

Saat akan melakukan blow dry pada rambut pendek kamu, pastikan memulainya dari akar rambut. Gunakan sisir sikat bulat dan pengering rambut, lalu arahkan hair dryer ke bagian akar. Gunakan sisir dengan ukuran yang benar karena sikat yang lebih besar akan memberikan sedikit kurva ke gaya rambut bob kamu.

4.            Tambahkan kesan bervolume (terisi penuh)

Kembangkan dan blow dry rambut bagian depan untuk mendapatkan kesan bervolume. Dengan begitu, rambut kamu akan terlihat terisi penuh.

(Sumber: Surat Kabar Kompas dengan pengubahan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar